10 Tahun LPSK dalam Wajah Hukum Indonesia

download here

Tahun 2018 ini merupakan tahun ke 10 (sepuluh) terbentuknya Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban yang merupakan harapan masyarakat dalam memberikan pemenuhan hak atas mereka yang menjadi saksi dalam suatu tindak pidana maupun menjadi korban dalam suatu tindak pidana. 10 (sepuluh) tahun berjalan, lembaga ini diharapkan dapat memberikan kerja yang maksimal sehingga dapat membantu aparat penegak hukum dalam penuntasan suatu perkara dan hasilnya dapat memberikan rasa keadilan bagi saksi dan atau korban.

Namun, perjalanan 10 (sepuluh) tahun ke belakangnya bukannya berjalan tanpa hambatan ataupun berjalan mulus sesuai harapan. LPSK masih butuh pengembangan kelembagaan agar sesuai fungsinya dapat menjadi sistem pendukung yang efektif dalam sistem peradilan pidana di Indonesia serta memberikan pemenuhan hak bagi saksi dan atau korban. 

Oleh karena itu, memasuki tahun berdirinya LPSK yang ke- 10 (sepuluh) dan berakhirnya masa jabatan Komisioner LPSK 2013 – 2018 serta akan dipilihnya Pimpinan LPSK untuk periode 2018 – 2023 maka rekomendasi ini disusun untuk dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Pimpinan LPSK yang baru terpilih dalam usaha untuk melakukan perbaikan demi kemajuan pemenuhan hak-hak saksi dan korban. Baca selengkapnya

Pages