PEMUTARAN FILM “JALAN MASIH PANJANG”


PEMUTARAN FILM “JALAN MASIH PANJANG”
LBH APIK Jakarta telah melakukan launching film yang berjudul “Jalan Masih Panjang” di empat Wilayah Komunitas dampingan LBH APIK Jakarta yakni Depok, Kalibaru, Bogor, dan Cipinang Besar Selatan.
Pemutaran film pertama di laksanakan di Desa Meruyung Kota Depok pada tanggal 18 September 2018, pemutaran kedua di Kalibaru pada tanggal 11 Oktober 2018, pemutaran ketiga di Bogor pada tanggal 13 Oktober 2018, dan terakhir di Cipinang besar Selatan pada tanggal 19 Oktober 2018.
Selain ibu-ibu di Komunitas pemutaran Film juga dihadiri oleh tokoh masyarakat setempat seperti Ketua RT, Ketua RW, dan Lurah, bahkan di Kota Depok kegiatan ini dihadiri oleh anggota DPRD Depok yaitu ibu Sahat Farida Berlian.
Peserta sangat antusias dengan pemutaran film ini terlihat saat sesi diskusi peserta aktif bertanya bahkan bercerita pengalaman pribadi maupun tetangga mereka yang mengalami kekerasan seksual seperti pada kisah penyintas yang ada di film.
Film ini dibuat sebagai bentuk apresiasi kepada para penyintas LBH APIK Jakarta yang telah berani menghadapi proses hukum. Harapan dengan terlaksananya pemutaran fim ini adalah dapat mengedukasi masyarakat untuk berani melaporkan apabila terjadi kekerasan, meskipun prosesnya panjang dan melelahkan. Diam bukanlah pilihan terbaik karena perempuan tidak akan pernah mendapatkan hak mereka, dan pelaku akan bebas berkeliaran tanpa mempertanggungjawabkan apa yang telah diperbuat. Apabila di lingkungan terjadi kekerasan hendaknya korban dirangkul dan di beri motivasi supaya kepercayaan diri mereka kembali. Menjadi korban tidak harus selalu terpuruk karena jalan masih panjang.

Pages