Ramaikan Car Free Day dengan Suarakan Dukungan Sahkan RUU P-KS



doc : LBH APIK JAKARTA - agustus 2019
Ramaikan Car Free Day dengan Suarakan Dukungan Sahkan RUU P-KS


Jakarta, Minggu (25/8), LBH APIK Jakarta yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Sahkan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (GEMAS) ikut serta dalam Aksi Car Free Day Jakarta “Indonesia Darurat Kekerasan Seksual”. Aksi yang dilakukan di Bundaran HI, Jakarta Pusat ini di mulai sejak pukul 06.00 WIB. Aksi kali ini bukan seperti aksi minggu sebelumnya, massa aksi melakukan jalan santai dari titik kumpul Taman Kudus hingga Bundaran HI, kali ini GEMAS membuka booth di depan Hotel Kempinski. Di booth  telah disiapkan satu buah standing banner dan peralatan aksi yakni poster dan beberapa hadiah untuk games.

Aksi dibuka dengan orasi singkat dari Penanggungjawab Aksi yakni Fen Budiman, disertai pembagian Flyer oleh partisipan aksi kepada orang-orang yang berlalu lalang di depan booth. Flyer singkat yang dibagikan berisi 10 Alasan mengapa masyarakat harus mendukung pengesahan RUU P-KS yang dibuat oleh LBH APIK Jakarta.

Disela acara berjalan, serombongan Ibu-Ibu yang tergabung dalam komunitas Jala PRT datang untuk turut meramaikan aksi. Secara bergantian partisipan aksi melakukan orasi. Tidak lupa juga seluruh partisipan aksi membentangkan poster tuntutan dan dukungan yang telah dibuat dan dibawa masing-masing.

Walaupun pada aksi kali ini partisipan aksi terbilang lebih sedikit dari yang sebelumnya, hal tersebut tidak lantas menyurutkan semangat partisipan aksi. Orasi yang dilakukan secara lantang dan bergantian kerap kali membuat orang-orang yang berlalu lalang di depan booth menengok dan membaca tulisan yang tertera di standing banner. Ada pula orang-orang yang dengan sukarela datang ke booth untuk sekedar bertanya, memberi dukungan hingga mengajak foto bersama.

Beberapa juga datang untuk mengikuti games yang disuguhkan GEMAS yakni mitos atau fakta mengenai RUU P-KS. Games ini menggunakan beberapa papan kecil yang berisi kalimat dimana mengharuskan orang-orang memilih antara mitos atau fakta dari kalimat yang tertera. Kemudian jika peserta games menjawab benar sebanyak 3 kali, maka berhak mendapat hadiah berupa tote bag dan stiker.

Aksi kali ini juga dihadiri oleh beberapa wartawan yang turut meliput aksi. Ada yang melakukan wawancara ke partisipan aksi, ada pula yang hanya mengambil gambar dan video. Aksi CFD kemudian berakhir pada pukul 10.00 yang ditutup dengan foto bersama seluruh partisipan aksi.

Pages