Tentang Kami



Sejarah
LBH APIK dibentuk oleh APIK (Asosiasi Perempuan Indonesia Untuk Keadilan) pada tahun 1995, dilatarbelakangi oleh suatu kepedulian bersama tentang perlunya pemberian pelayanan dan bantuan hukum kepada perempuan dengan sikap dan perspektif yang lebih berpihak kepada perempuan. Lembaga ini merupakan Lembaga bantuan hukum untuk perempuan pertama di Indonesia. Pada tahun 2001 LBH APIK menyatakan otonom dari APIK dan sejak 21 Februari 2003, LBH APIK secara resmi telah menjadi Yayasan LBH APIK Jakarta, berdasarkan Akte Notaris Rusnaldy No.112/2003.

Bentuk dan Tujuan 
LBH APIK Jakarta merupakan lembaga nirlaba yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan demokratis, serta menciptakan kondisi yang setara antara perempuan dan laki-laki dalam segala aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial maupun budaya. Tujuan ini hendak dicapai dengan mewujudkan sistem hukum yang berperspektif perempuan yaitu sistem hukum yang adil dipandang dari pola hubungan kekuasaan dalam masyarakat,—khususnya hubungan perempuan dan laki-laki—,dengan terus menerus berupaya menghapuskan ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender dalam berbagai bentuknya.

Nilai-nilai
Berdasarkan nilai-nilai keadilan, kerakyatan, persamaan, kemandirian, emansipasi, persaudaraan, keadilan sosial, pemberdayaan, non sektarian, menolak kekerasan, menjunjung tinggi nilai HAM dan memenuhi kaidah-kaidah kelestarian lingkungan, LBH APIK Jakarta berupaya memberikan bantuan hukum bagi perempuan, khususnya perempuan miskin dengan Konsep Bantuan Hukum Gender Struktural (BHGS), yaitu Bantuan hukum yang diberikan kepada perempuan yang tidak mampu, dengan menggunakan perspektif dan analisis gender (kesetaraan gender) yang mengarah pada perubahan struktur masyarakat dan sistem hukum (substansi, struktur dan Kultur).


Sumber Pendanaan
Sumber dana kami adalah dari masyarakat, lembaga dana dari dalam negeri maupun luar negeri, Yayasan, dan dana tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).

advertise

Subscribe Text

Untuk selalu terhubung dengan kami